PELATIHAN BERCOCOK TANAM

Administrator 12 Oktober 2017 10:45:27 WIB

PELATIHAN BERCOCOK TANAM (11/10/17)

 

Hari / Tanggal     : Rabu, 11 Oktober 2017

Pukul                  : 13.00 wib sampai selesai

Tempat               : Aula Kantor Lurah Desa Sumberagung dan Area Persawahan Pedukuhan Balakan.

 

Pemateri pertama Bapak Ismail, S.Tp (Materi Pelatihan Bercocok Tanam Khususnya Benih Padi) : Bibit padi yang baik adalah bibit yang masih memiliki cadangan makanan berupa biji padi yang masih menempel. Usia bibit maksimal yang baik untuk di tanam yaitu sekitar 10 sampai 15 hari. Jika bibit padi yang akan ditanam semakin tua maka akan semakin sulit dicabut dan akan menyebabkan tanah akan menempel pada akar akan ikut tercabut sehingga perlu dibersihkan. Bibit yang semakin tua usianya akan memiliki daun yang panjang sehingga perlu dipotong terlebih dahulu. Hal tersebut akan membuat bibit mengalami stress dan akan pulih kembali setelah 15 hari setelah ditanam.

Ibu Rumyilah  ( Cara dan Pola Tanam Benih Padi) : pProses penanaman bibit padi yang baik adalah ketika bibit masih muda, menggunakan Tajarwo (2-1/5-1), dan perlobang tanah satu bibit. Sedangkan cara tanam yang dapat digunakan ada tiga yaitu menggunakan mesin, manual (tandur), dan tanam langsung. Cara menghadapi hama keong salah satunya dengan membuat ajir atau pathok.

Praktek bercocok tanam di area persawahan di Pedukuhan Balakan. Kegiatan Praktek ini diikuti oleh seluruh peserta dan dipimpin oleh pemateri.

 

_red-A_

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi Sumberagung

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

GALERI VIDIO INFORMASI

advadvadsca