SEJARAH BATU PELUS DAN BATU BULUS CIKAL BAKAL NAMA KAMPUNG BULUS KULON

Admin2 16 Februari 2023 15:26:24 WIB

Padukuhan Bulus Kulon merupakan salah satu dari 17 padukuhan di Kalurahan Sumberagung yang memiliki situs warisan budaya yaitu adanya Batu Bulus. Menurut keterangan dari para orangtua terdahulu keberadaan Batu Bulus terletak di dua tempat di Padukuhan Bulus Kulon yaitu di wilayah Padukuhan Bulus RT.005 terdapat 2 buah batu yang memiliki bentuk menyerupai hewan bulus dan satunya menyerupai pelus. Batu yang berbentuk menyerupai bulus berada di wilayah RT.001 Padukuhan Bulus Kulon yang berjumlah 2 buah. Asal mula keberadaan batu yang berbentuk hewan bulus ini tidak ada yang mengetahui. Sehingga timbul pertanyaan apakah Batu Bulus tersebut dibuat sendiri atau peninggalan sejarah warga bulus kulon, namun Batu Bulus tersebut dipercaya sebagai batu Keramat.

Menurut cerita zaman dulu sekitar Tahun 1970an dan Tahun 1980an ada utusan dari Purbakala yang mau membawa batu bulus tersebut ke Peputren Pleret, akan tetapi tidak jadi dibawa dikarenakan bila terjadi apa-apa tidak ada yang berani bertanggungjawab. Selain itu, pernah juga Bupati Bantul mengutus perwakilan untuk membawa batu bulat seperti telur yang berada disebelah batu bulus tersebut. Namun beberapa hari kemudian orang yang membawa batu bulat tersebut mendapat gangguan yang luar biasa dan akhirnya batu tersebut dikembalikan ke tempat semula bersama-sama dengan Tokoh masyarakat setempat.

Keramatnya batu bulus tersebut juga pernah dibuktikan sendiri oleh Bapak Dukuh Jalal yang mengambil 1 batu dan dibawa pulang dan berpesan ke semua keluarganya agar batu tersebut tidak boleh ada yang menyentuhnya, ternyata pada pagi harinya batu tersebut sudah hilang dan tidak ada, diyakini kembali ke tempat semula. Dengan adanya cerita batu bulus tersebut sehingga daerah tempat batu itu berada dinamakan Kampung Bulus Kulon. (Editor: Desi Dwi R)

Komentar atas SEJARAH BATU PELUS DAN BATU BULUS CIKAL BAKAL NAMA KAMPUNG BULUS KULON

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License