Visi Misi

Administrator 01 April 2013 14:14:06 WIB

A. VISI

Sebagai dasar kami bekerja dan mengabdikan diri bagi Kalurahan Sumberagung serta untuk mencapai tujuan. Untuk melaksanakan pembangunan yang menganut prinsip keterbukaan dan partisipasi masyarakat sehingga secara bertahap Kalurahan Sumberagung dapat mengalami kemajuan. Untuk itu dirumuskan Visi berikut:

“MASYARAKAT SUMBERAGUNG YANG TERTIB, ASPIRATIF dan SEJAHTERA BERMARTABAT INOVATIF dan HARMONIS”

Rumusan Visi tersebut merupakan suatu ungkapan dari suatu niat yang luhur untuk memperbaiki dan menata Pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan di Kalurahan Sumberagung, baik secara individu maupun kelembagaan dengan satu harapan yang lebih maju dalam segala bidang yang dilandasi semangat kebersamaan dalam penyelenggaraan Pemerintahan dan Pelaksanaan Pembangunan.

a.

Tertib

:

Diartikan bahwa masyarakat Kalurahan Sumberagung adalah   masyarakat yang tunduk terhadap hukum yang berlaku dan mentaati segala peraturan maupun norma lainnya.

b.

Aspiratif               

:

Diartikan bahwa Masyarakat Kalurahan Sumberagung mempunyai keinginan untuk mewujudkan cita-cita dalam kehidupan bermasyarakat yang lebih beradab, menjunjung kesetaraan dan keadilan.

c.

Sejahtera

:

Diartikan bahwa Masyarakat Kalurahan Sumberagung diharapkan terpenuhi kebutuhannya dengan cara mampu memberdayakan, mengolah dan menghasilkan segala sumber daya yang dimiliki.

d.

Bermartabat

:

Diartikan bahwa Masyarakat Kalurahan Sumberagung diharapkan memiliki ilmu dan tingkat pemahaman serta pengalaman nilai-nilai agama secara baik dan benar, sehingga dapat tercermin dalam pola berfikir dan tingkah laku sesuai dengan nilai-nilai agama yang diyakininya.

e.

Inovatif       

:

Diartikan bahwa segala bentuk pembaharuan diperlukan dalam menghadapi tantangan jaman pada semua sendi kehidupan.

f.

Harmonis   

:

Diartikan bahwa segala bentuk Masyarakat Kalurahan Sumberagung hidup selaras, saling bantu- membantu, mencintai perdamaian dengan tidak melihat perbedaan strata sosial, suku, agama dan gender.

Visi Kalurahan Sumberagung mendukung Visi Pemerintah Kabupaten Bantul Tahun 2021-2026 “Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Bantul yang Harmonis, Sejahtera dan Berkeadilan Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam Bingkai NKRI yang ber-Bhineka Tunggal Ika”.

 

B. MISI

Dalam mewujudkan visi diatas, maka disusun misi terdiri dari enam poin sebagai pedoman kerja untuk menuju kesejahteraan yaitu:

  1. Mengembangkan sikap disiplin dan ketertiban umum dalam kehidupan masyarakat yang bertujuan untuk :
  1. Menanamkan sikap disiplin bagi Pamong Kalurahan.
  2. Menumbuhkan sikap disiplin dalam kehidupan masyarakat.
  3. Mewujudkan ketertiban umum untuk meningkatkan rasa aman dan damai.
  4. Meningkatkan kualitas layanan dengan memastikan terciptanya proses pelayanan prima dengan biaya yang terjangkau dengan mengacu kepada Standar Pelayanan Minimal (SPM) serta dengan menerapkan sistem manajemen mutu.

 

  1. Meningkatkan peran seluruh lapisan masyarakat terutama pemuda dan perempuan dalam pembangunan di berbagai bidang yang bertujuan untuk:
  1. Meningkatkan kesadaran bagi pemuda dan perempuan akan peran sertanya dalam pembangunan Kalurahan.
  2. Memantapkan fungsi dan peran pemuda dan perempuan dalam pembangunan Kalurahan.

 

  1. Meningkatkan perekonomian masyarakat dengan optimalisasi sektor pertanian, perikanan dan perdagangan yang bertujuan untuk :
  1. Meningkatkan peran serta petani dan pengembangan program usaha tani untuk mencapai mutu produksi pangan dan ketersediaan pangan yang optimal.
  2. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan dan pengelolaan sektor jasa perdagangan.
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pendukung ekonomi.
  4. Meningkatnya produksi bahan pangan, pertanian dan perikanan serta meningkatnya akses atas sarana dan prasarana produksi pertanian.
  5. Pemberian modal bagi para pelaku usaha kecil.
  6. Meningkatnya sarana dan prasarana ekonomi antara lain pasar/kios, jalan dan lain-lain sehingga terwujudnya kawasan strategis sebagai tempat pertumbuhan ekonomi baru.

 

  1. Mengembangkan sumber daya manusia yang bermutu dengan berbasis pada nilai-nilai agama, ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya serta mendorong majunya bidang pendidikan baik formal maupun non formal yang mudah diakses dan dinikmati seluruh warga masyarakat yang bertujuan untuk :
  1. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan taraf pendidikan, kesehatan dan penguasaan teknologi.
  2. Mewujudkan jaring pengaman sosial bagi warga masyarakat yang rentan secara ekonomi.
  3. Menumbuhkan sikap kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana dan kondisi kegawatdaruratan yang lain.
  4. Memantapkan fungsi dan peran agama dalam pembangunan.
  5. Memantapkan program pendidikan formal maupun non formal.

 

  1. Membangun sistem Pemerintahan melalui peningkatan tanggung jawab dan daya tanggap Pemerintah seluruh lapisan masyarakat dalam suatu kerangka menciptakan Pemerintahan yang efektif, efisien, bersih dan bebas KKN yang bertujuan untuk :
  1. Meningkatkan tata kelola pemerintahan Kalurahan sehingga responsif terhadap kebutuhan masyarakat serta dapat dipertanggungjawabkan secara terbuka guna mewujudkan pelayanan yang profesional.
  2. Meningkatkan kualitas layanan dengan memastikan terciptanya proses pelayanan prima dengan biaya yang terjangkau dengan mengacu kepada Standar Pelayanan Minimal (SPM) serta dengan menerapkan sistem manajemen mutu.

 

  1. Membangun solidaritas dan komunikasi yang baik antar tokoh masyarakat dan semua komponen masyarakat dalam partisipasi membangun Kalurahan yang berlandaskan moral, serta menjunjung tinggi gotong royong dan nilai-nilai adat istiadat yang bertujuan untuk :
  1. Meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kelestarian seni budaya dan tradisi lokal yang lainnya;
  2. Mewujudkan kerjasama dengan lembaga non pemerintah baik lembaga swadaya masyarakat maupun swasta.

 

 

Untuk mencapai misi Kalurahan Sumberagung, maka nilai-nilai yang harus dijunjung tinggi adalah partisipatif, transparan, demokratis, efisien dan efektif serta berbudaya.

1. Partisipatif (keterlibatan)
    Setiap anggota masyarakat Sumberagung mempunyai hak untuk berpartisipasi dalam konteks pembangunan dengan prinsip; dari, oleh dan untuk masyarakat. Oleh karenanya setiap proses pembangunan masyarakat harus dilibatkan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan sampai pada pemeliharaan.

2. Transparan ( keterbukaan)
    Adanya sifat keterbukaan Pemerintah Kalurahan Sumberagung dengan batas-batas kewajaran dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat.

3. Demokratis
    Masyarakat diberi kebebasan dalam mengemukakan pendapat dan menerima pendapat orang lain.

4. Efektif dan Efisien
    Mengedepankan hasil yang optimal dengan pengorbanan yang relatif sedikit (biaya maupun waktu) sehingga berhasil guna dan berdaya guna.

5. Berbudaya
    Setiap gerak langkah pembangunan selaras dengan adat istiadat dan budaya yang berkembang di masyarakat, dengan demikian pelaksanaan pemerintahan Kalurahan senantiasa menjunjung tinggi budaya dan budi pekerti yang luhur.

MEDIA KALURAHAN

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License