MUSRENBANG KALURAHAN SUMBERAGUNG TAHUN ANGGARAN 2024

Administrator 08 September 2023 16:02:42 WIB

Selasa (05/09/2023), Pemerintah Kalurahan Sumberagung melaksanakan kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tahun Anggaran 2024 bertempat di Aula Kalurahan Sumberagung.

Musrenbang merupakan kegiatan rutin tahunan yang wajib dilaksanakan oleh Pemerintah tingkat Kalurahan/desa untuk membuat perencanaan program-program pembangunan di tahun selanjutnya. Dalam kegiatan ini melibatkan berbagai tokoh masyarakat dari semua lapisan masyarakat dan juga perwakilan Lembaga Kemasyarakatan Kalurahan (LKK) yang ada di wilayah Kalurahan Sumberagung. Turut hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (PMK) Kabupaten Bantul dan Panewu Jetis. Namun, yang membuat luar biasa dalam Musrenbang kali ini adalah hadirnya perwakilan dari Pusat Data dan Informasi Kementrian Desa (Pusdatin Kemendesa).

Lurah Sumberagung dalam sambutan dan paparannya disampaikan perihal kondisi dan hasil penyusunan RKP yang telah dilaksanakan oleh tim RKP Kalurahan Sumberagung. Panewu Jetis pun mengucapkan terimakasih atas dedikasi kalurahan sumberagung  sehingga menjadi kalurahan pertama di Kapanewon Jetis yang melaksanakan Musrenbang. Kepala DPMK pun juga mengucapkan terimakasih kepada Lurah Sumberagung telah melaksanakan kegiatan musrenbang ini.

Data SDGs (Sustainable Development Goals) menjadi dasar dalam pembuatan dan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Kalurahan Sumberagung. Dalam SDGs terdapat 17 tujuan, antara lain (1)Tanpa kemiskinan, (2)Tanpa kelaparan, (3)Kehidupan sehat dan sejahtera, (4)Pendidikan berkualitas, (5)Kesetaraan gender, (6)Air bersih dan sanitasi layak, (7)Energi Bersi dan terjangkau, (8)Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, (9) Industri, inovasi dan infrastruktur, (10) Berkurangnya kesenjangan, (11) Kota dan permukiman yang berkelanjutan, (12) Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, (13) Penanganan perubahan iklim, (14) Ekosistem lautan, (15) Ekosistem daratan, (16) Perdamaian, keadilan dan kelembagaan yang tangguh, dan (17) Kemitraan untuk mencapai tujuan.

Forum Group Discussion (FGD) menjadi metode yang digunakan untuk membuat skala prioritas dari setiap program kegiatan yang telah disusun. Hasil dari FGD nantinya akan digunakan untuk penyusunan program Kalurahan di tahun 2024.

Komentar atas MUSRENBANG KALURAHAN SUMBERAGUNG TAHUN ANGGARAN 2024

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License