REMBUG STUNTING 2024

komputer1 26 Juni 2024 15:46:15 WIB

Selasa, 25 Juni 2024 pukul 09.00 wib di Aula Kalurahan Sumberagung dilaksanakan kegiatan Rembug Stunting tahun 2024 ini. Acara ini merupakan rangkaian dari FGD yang telah dilaksanakan pada 12 Juni 2024 lalu. Rembug stunting merupakan salah satu syarat pelaksanaan Musrenbang Kalurahan, dimana Berita Acara hasil rembug stunting ini akan dibawa sebagai usulan dalam musrenbang di tahun selanjutnya. 

Acara rembug stunting dimulai dengan doa bersama dilanjutkan dengan sambutan dari Lurah Sumberagung. Beliau mengucapkan terimakasih kepada seluruh tamu undangan dan narasumber yang hadir dalam rembug stunting ini. Kegiatan ini merupakan proses dalam mengidentifikasi masalah stunting dan penanggulangan stunting yang ada ataupun pencegahannya. Stunting merupakan masalah bersama yang harus ini perangi bersama dikarenakan anak yang mengalami stunting akan memiliki dampak yang kurang bagus bagi pertumbuhan disegala aspeknya. Semoga dengan acara ini dapat mencetuskan program yang bermanfaat untuk pencegahan stunting khususnya di wilayah Kalurahan Sumberagung. 

Acara dilanjutkan pemberian arahan dari Panewu Jetis. Bapak Anwar Nur Fahrudin menyampaikan bahwa Kalurahan Sumberagung merupakan Kalurahan ke 3 di Kapanewon Jetis yang telah melaksanakan kegiatan Rembug Stunting. Rembug stunting ini diharapkan bisa memberikan skala prioritas program dalam pencegahan stunting. Terimakasih juga kepada Lurah Sumberagung dan jajarannya yang telah saling bahu membahu dalam pengentasan stunting. Selain itu, terimakasih kepada seluruh kader dan Puskesmas Jetis 1 yang telah terjun langsung dalam membantu terlaksananya program. 

Acara selanjutnya yaitu pemaparan dari KUA Jetis. Bapak Armen Siregar selaku Kepala KUA Jetis memaparkan mengenai program elsimil yang wajib bagi seluruh calon mantan dan menghimbau masyarakat untuk tidak terjadi pernikahan dini. Pernikahan dini dapat memberikan efek yang kurang baik bagi kesehatan ibu dan nantinya akan berdampak ke anak. 

Acara disambung dengan penyampaian dari pendamping desa, Ibu Etik mengenai program stunting ditahun-tahun sebelumya yang telah dilaksanakan Kalurahan Sumberagung. Dan disambung dengan pembacaan scor card oleh KPM. 

Acara dilanjutkan dengan pemaparan dari Puskesmas Jetis 1 yang diwakili oleh Bidan Desa, Ibu Wiji Sulistyawati. Beliau menyampaikan hasil FGD dari 3 bidang yaitu gizi, kebidanan, dan kesehatan lingkungan. Acara selanjutnya pemaparan singkat dari PLKB. Ibu Wakidhah menyampaikan mengenai berbagai program dan usulan dari hasil FGD. 

Acara selanjutnya rapat pleno yang dimoderatori Ibu Arfi selaku pendamping Desa. Rapat pleno ini membahas hasil identifikasi dari FGD dan usulan programnya. Hasil pleno disampaikan kamituwa berupa skala usulan program.

Acara ditutup dengan penandatanganan BA rembug stunting. 

Komentar atas REMBUG STUNTING 2024

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License